Profil > Profile PRFM 107.5

Profile PRFM 107.5

Tanggal 2013/02/08 | Penulis : Admin


Sejarah Singkat Radio PR FM 107.5 NEWS CHANNEL Bandung

Pada awal berdirinya, Stasiun Radio yang disahkan oleh pejabat yang berwenang dari RTF ( Radio Televisi dan Film) ini bernama Parahyangan Radio, dan dipimpin oleh Hilman BS.
Sejalan dengan perkembangan waktu dan zaman, pada bulan Agustus 1989, Radio Mustika Parahyangan dialihkan kepemilikannya kepada PT. Mustika Parahyangan dan menjadi bagian dari Pikiran Rakyat Group dengan penanggung jawab Atang Ruswita.


Secara garis besar, pergantian kepemilikan ini menyebabkan perubahan-perubahan baik dalam susunan kepengurusan, organisasi maupun materi acara siaran.

Tepat pada tanggal 20 Maret 1990, dikeluarkan akta sekaligus diresmikannya Radio Mustika Parahyangan yang beroperasi pada frekuensi 116 AM, dengan menginduk pada PT Pikiran Rakyat.

Pada tahun 1994 terjadi perpindahan dari frekuensi AM ke FM. Setelah empat tahun beroperasi di frekuensi FM, Mustika mencoba merubah format siarannya.

Tepatnya pada tahun 1998, format siaran dari segmen wanita berubah menjadi multi segmen. Otomatis namanya pun diubah menjadi Parahyangan FM dengan jenis musik dangdut dan daerah. Tetapi, hal ini tetap saja belum menjadikan radio tersebut profitable dan bisa mandiri dari perusahaan induknya PT.Pikiran Rakyat.

Akhirnya pada bulan Februari 1999, Mustika kembali lagi menjadi radio wanita dengan nama Mustika Parahyangan. Pada tanggal 1 Maret 1999 dimulailah on air Radio Mustika pada frekuensi 107, 55 FM.

Pada April 2003, terjadi perubahan Format Radio Mustika karena perubahan manajemen. Dengan gaya baru, disesuaikan dengan kebutuhan, maka Radio Mustika pun memiliki statement positioning “ Smart and Beauty” .

Untuk meningkatkan kinerja Radio Mustika dan memperluas pangsa pasar, maka sejak tanggal 28 Agustus 2003, PT Radio Mustika Parahyangan yang awalnya beralamat di Jalan Sekelimus Barat No 6 Bandung, pindah ke Lower Ground Floor 1-2 Gedung Bandung Trade Center ( BTC) di Jalan Dr. Djundjunan ( Terusan Pasteur) No 143-149 Bandung. Kemudian pada tahun 2006 studio Radio Mustika pindah ke Ruko Kopo Plaza Jl. Peta Bandung.

Masih di bawah naungan PIKIRAN RAKYAT Group, pada January 2009 Radio Mustika FM berubah nama menjadi RADIO PR FM. Secara garis besar dan Materi Siaran, Radio PRFM tetap sama dengan Radio Mustika hanya untuk Materi dan ciri khas yang akan ditampilkan adalah Radio dengan Siaran Berita dan Musik. Untuk itu dipakai “ Inspiring News ‘ n Music” sebagai Slogan RADIO PR FM. Siarannya masih di Ruko Kopo Plaza Blok A No.12 A Bandung. Tercatat sebagai direktur PRFM, Drs. H. Wan Abas, mantan Manajer Iklan dan Wartawan Pikiran Rakyat yang kemudian membawa perubahan signifikan terhadap keberadaan PRFM sebagai radio berita yang dibutuhkan masyarakat.

Dinamika dan perubahan minat masyarakat terhadap kebutuhan media dan didukung oleh PT. Pikiran Rakyat mendorong Management PRFM 107.5 untuk merubah Format siarannya yang semula dengan tagline “ Inspiring News ‘ n Music” menjadi Radio Berita yang berbasis Soft News. Pada tanggal 8 November 2009 format berubah lagi menjadi radio berita dengan brand PRFM 107.5 NEWS CHANNEL , tagline-nya “Andalah Reporter Kami” dengan basis informasi dari warga/citizen journalism.

Untuk memaksimalkan kinerja dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, maka pada bulan Maret 2010 Studio PRFM berpindah ke Jl. Braga No. 5 Bandung yang terletak di sentra bisnis kota Bandung.

Dengan menempati Studio yang baru di Jl. Braga No. 5 Bandung yang merupakan icon Kota Bandung dan sejarah yang saat ini menjadi pusat keramaian dan sentra perkantoran mendukung percepatan Radio PRFM untuk lebih maju dan berkembang dengan mendekatkan diri kepada masyarakat kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya.

Program-program PR FM 107.5 NEWS CHANNEL yang memasyarakat dengan menampung segala aspirasi warga dan menjadikan masyarakat sebagai wartawan dan sumber berita yang menjadi Inspirasi PR FM 107.5 NEWS CHANNEL yang berbasis informasi dari warga (citizen journalism)


 Visi Misi

Visi:

1. Produk Utama PT. Radio Mustika Parahyangan / PR FM 107.5 NEWS CHANNEL adalah penyelenggaraan radio siaran yang bersifat informatif, interaktif dan menghibur, dengan berintikan pada berita, informasi, musik dan bentuk program lainnya.

2. Penyelenggaraan radio siaran dilandasi oleh amanat UUD’ 45, mempertahankan kemerdekaan pers, membela hak-hak masyarakat untuk mengemukakan pikiran secara lisan dan tulisan serta giat mencerdaskan bangsa.

3. Berperan aktif sebagai media informasi yang membangun kesadaran perempuan sebagai bagian penting dari masyarakat Bandung khususnya dan Jawa Barat pada umumnya.

 

Misi:

1. Bersinergi dalam jaringan kerja PT. Pikiran Rakyat Bandung; secara aktif mendukung strategi pemasaran dan strategi pemberitaan media-media di lingkungan PT. Pikiran Rakyat Bandung.

2. Memperlihatkan kepada manajemen dan pemilik saham PT. Pikiran Rakyat Bandung, bahwa PT. Radio Mustika Parahyangan mampu menopang kegiatan operasional sendiri dan profitable.

3. Membangun pengelolaan radio siaran yang sesuai dengan kaidah bisnis dan aturan yang berlaku serta membuat pelaporan secara berkala sesuai jadwal waktu dan standar yang berlaku umum.

 

    Nama Perusahaan : PT. Mustika Parahyangan

    Nama On Air         : PR FM 107.5 NEWS CHANNEL

    Call Sign               : PM 3 FHZ

    Daya Jangkau        : Bandung dan sekitarnya, Padalarang, Cianjur, Sukabumi,

    Sebagian Kota Bogor, Sumedang, Jatinangor, Garut, Tasilmalaya, Ciamis.

    Nomor Izin             : ( ISR ) 0032177-000SU-202003

    Organisasi             : PRSSNI No. 088-I/ 1978

    Rekening               : BANK NIAGA CAB. BUAH BATU

                                  028.01.09757.00.7

    NPWP                   : 01.118.598.0-424.000

    Phone Office           : 022-4221400 / 4221075 (redaksi)

    Fax                        : 022-4260595

    
    PENDENGAR KAMI

    Usia 19 – 50 Tahun

    Perempuan 35 %

    Laki-laki 65 %

 

    SES ( Status Sosial Ekonomi )

    A 30 %

    B 40 %

    C 25 %

    D 5 %

 

    PROFESI

    Mahasiswi/ a 20 %

    Ibu rumah tangga 10 %

    PNS 10 %

    Pegawai Swasta 30 %

    Wirausaha 30 %

 

    STATUS PENDIDIKAN

    Universitas 65 %

    SMU 20 %

    SLTP 15 %

On Air 107.5 FM Bandung